Sejumlah Fakta Tentang Aktifitas Fisik


Fakta Tentang Aktifitas Fisik - Sehat itu murah, slogan ini sering kita dengar namun tidak semua orang mau melakukan pola hidup sehat. Kini banyak orang mengalami kegemukan karena mereka mengonsumsi makanan tinggi kalori dan menjalani gaya hidup 'malas' karena tidak banyak bergerak dan terlalu banyak menghabiskan waktu di depan televisi maupun komputer atau bermain gadget. 

Aktifitas Fisik


Hampir semua jenis aktivitas fisik dapat meningkatkan sistem kardiovaskular dan kesehatan secara menyeluruh. Anda bisa memilih berjalan kaki, berkebun, renang, lompat tali atau bersepeda. Mulai secara perlahan dan jangan pula terlalu ngoyo menjalaninya, adalah cara yang baik untuk mengawali suatu program olahraga. Yang penting adalah kontinuitas, karena lebih baik melakukan sesuatu yang kecil secara rutin dan terus menerus daripada sama sekali tidak melakukan apa-apa.

Fakta tentang aktifitas fisik membuktikan bahwa: 


1. 72% wanita dan 64% pria tidak melakukan aktivtias fisik secara teratur.
2. Latihan kekuatan termasuk mengangkat beban atau senam akan meningkatkan kekuatan otot, daya tahan dan kepadatan tulang.
3. Olahraga 30 menit per hari bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit menahun, termasuk kanker payudara. Jika dibarengi dengan pengaturan diet yang tepat, hal tersebut juga bisa membantu menurunkan berat badan.
4. Aktivitas fisik sesungguhnya sangat bermanfaat bagi usia lanjut, tetapi 2/3 dari usia lanjut tidak melakukannya.
5. Buruknya kebugaran pada masa muda menyebabkan meningkatnya risiko diabetes, hipertensi dan sindroma metabolik sebanyak dua kali lipat.
6. Menambah aktivitas fisik sampai beberapa jam setiap minggu menyebabkan berkurangnya risiko kanker payudara pada wanita paska menopause. Meluangkan waktu lebih banyak untuk berolahraga, meskipun yang ringan-ringan saja, akan mendatangkan manfaat yang sangat menguntungkan.
7. Studi yang dilakukan selama 20 tahun menyatakan bahwa jika dibandingkan dengan pengaturan diet, maka peningkatan aktivitas fisik lebih bermanfaat dalam mencegah penyakit kardiovaskular.
8. Latihan olahraga berpotensi mencegah atau memperbaiki tulang keropos pada wanita paska menopause sebanyak 1% per tahun.

Itulah sejumlah fakta aktifitas fisik yang harus kamu ketahui.

5 Responses to "Sejumlah Fakta Tentang Aktifitas Fisik"

  1. Di nomor 1, gue termasuk 64%-nya. WKWKWKWKWK :')

    ReplyDelete
  2. Nomor 4 nih, rasanya belum usia lanjut, jadi yaa, santai aja dulu deh..
    Btw, kita harus letakkan perhatian kita di aktifitas fisik ini, karena manfaatnya begitu besar dalam sirkulasi oksigen, sehingga setiap sel-sel di tubuh kita sehat dan segar, termasuk sel-sel otak

    ReplyDelete
  3. Baru dapat ilmu yg bermanfaat gan informasi bgus

    ReplyDelete
  4. olahraga biar sehat
    saya aja gak sehat2

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel