Kegunaan Klorin Dalam Proses Pengolahan Air Bersih


Kegunaan klorin dalam proses pengolahan air bersih-
Klorin (chlorine) merupakan unsur kimia yang memiliki simbol Cl dan bersifat beracun. Pada proses pengolahan air digunakan klorin dengan rumus kimia Cl2. Klorin berwujud gas (liquid chlor) bewarna hijau kekuning-kuningan pada suhu kamar. Gas klorin berbau menyesakkan, hampir mirip dengan bau kaporit.

Klorin 

Meskipun bukan menjadi bahan utama dalam pengolahan air bersih, Klorin sangat diperlukan pada proses pemurnian air (water purification), sehingga diperoleh air yang benar-benar layak dikonsumsi. Pada pengolahan air bersih bahan kimia pokok yang sering digunakan adalah Aluminium Sulfat (AlSO4) yang sering disebut Tawas dalam bahasa sehari-hari dan Kaporit.


Mungkin Kamu memiliki beberapa pertanyaan tentang apa kegunaan klorin dalam proses pengolahan air bersih dan mengapa harus memakai klorin sementara klorin adalah bahan kimia beracun dan sangat mematikan yang penggunaannya harus sesuai prosedur dan bagaimana proses klorinisasi pada air. Mari sama-sama kita bahas.

Pada instalasi pengolahan air bersih penambahan klorin biasanya dilakukan sebanyak dua kali untuk mendapat air layak konsumsi. Pertama pada saat air baku akan diolah dan setelah air selesai diolah untuk memastikan kualitas air. Jumlah klorin yang digunakan diukur menggunakan alat klorin meter, dengan mengukur sisa residu klorin pada air. 

Kegunaan klorin dalam proses pengolahan air bersih

Adapun kegunaan klorin dalam proses pengolahan air adalah sebagai berikut.

1. Untuk membunuh kuman
Pernahkah kamu membayangkan bahan-bahan apa saja yang tercampur pada air baku yang akan diolah? Disinilah salah satu kegunaan klorin sebagai desinfektan untuk membunuh kuman atau bakteri yang terdapat di air.

2. Untuk mengurangi kekeruhan (turbidity) air
Air baku yang sudah bercampur klorin kekeruhannya akan berkurang dibandingkan sebelum bercampur.

3. Untuk mengurangi warna (color)  pada air
Warna pada air berbeda dengan kekeruhan, biasanya semakin tinggi turbidity maka warna air juga semakin tinggi.

4. Untuk menghilangkan bau air
Klorin juga berfungsi mengurangi bau, misalnya bau lumpur pada air.

Selain bersifat racun, residu klorin sangat berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi karena dapat mengion didalam tubuh. Untuk itu jumlah residu klorin pada air bersih tidak boleh melebihi batas yang dianjurkan. Sebenarnya klorin merupakan gas yang mudah menguap, sehingga perlahan-lahan residu klorin dalam air akan hilang. Jumlah klorin yang berlebihan juga dapat membunuh biota air. Bagi pengguna air yang mengandung klorin, bukalah tutup panci setelah memasak air agar residu klorin lebih mudah menguap.

Dikarenakan dampak negatif yang sangat besar, maka penggunaan klorin harus memiliki SOP penanganan kebocoran klorin. Saat ini untuk mendeteksi kebocoran klorin biasanya digunakan amonia. Selai dari baunya, kita dapat mendeteksi dengan cara mendekatkan cairan amonia ke area yang diduga sumber kebocoran, jika terdapat kebocoran maka akan timbul asap berwarna putih.

Klorin yang digunakan biasanya dalam kemasan tabung yang disimpan dalam ruangan khusus dilengkapi dengan kipas sirkulasi udara, alat pendeteksi kebocoran, dan alat netralizing klorin. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan kamu memakai peralatan safety yang tepat saat melakukan sesuatu yang berhubungan dengan klorin.

Sekarang kamu sudah tahu apa kegunaan klorin pada proses pengolahan air bersih dan apa dampak negatif klorin tersebut. Jika kamu punya pertanyaan atau masukan, silahkan menuliskannya melalui kolom komentar.

8 Responses to "Kegunaan Klorin Dalam Proses Pengolahan Air Bersih"

  1. Wah ternyata klorin selain bahan beracun, bisa digunakan juga ya untuk menetralisir air yang kurang layak digunakan. Terima Kasih buat infonya ganπŸ‘πŸ½, Semoga sukses blognya.

    ReplyDelete
  2. Klorin ternyata banyak fungsinya
    Q baru tahuuu

    ReplyDelete
  3. Sedikit tambahan, akibat penggunaan klorin pada pengolahan air, PH air olahan biasanya akan turun juga.

    ReplyDelete
  4. akhirnya saya tau kegunaan klorin untuk proses pengolahan air bersih, terima kasih mas bro artikelnya membantu

    ReplyDelete
  5. Ulasan bermanfaat tentang air bersih ...Ternyata Clorin bermanfaat juga untuk penanganan agar air menjadi bersih.

    Thanks sob atas ulasannya jadi buat nambah wawasan nih..πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete

  6. Sangat bermanfaat jadi tahu tentang pemahaman air bersih..πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  7. Banyak ya manffat klorin. tapi harus cicek terus dengan klorimeternya biar tetap dalam standar sehat untuk kita-kita

    ReplyDelete
  8. wah pekerjaan aku sehari-hari ini, ngetes kadar klorin di pengolahan air bersih. hehe..

    bener banget mas, salah satu tujuan ditambahkan klorin pada pengolahan air bersih itu untuk membunuh kuman/bakteri pada air sehingga layak dikonsumsi.

    tapi sependek pengetahuan saya, klorin tidak mengurangi kekeruhan/turbidity air. yang dapat mengurangi turbidity air itu tawas nya mas..

    hehe.. mohon dikoreksi ya, barangkali saya ada yang salah.. hehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel