Berbagai Macam Gangguan Penyakit Saat Berpuasa

Menjalankan puasa dengan salah dapat mendatangkan beberapa penyakit yang mengganggu kenyamanan kita menjalankan ibadah puasa, meski puasa adalah salah satu terapi kesehatan. Sangat penting untuk mengatur menu saat sahur dan berbuka, karena di saat itulah tubuh akan mendapatkan asupan untuk mencukupi kebutuhan kalorinya. Walau terjadi perubahan jadwal makan, bukan berarti kebutuhan kalori juga harus berubah. Secara teknis, menu makanan yang baik terdiri dari 50% karbohidrat, 25% lemak serta 15% protein berikut vitamin, mineral sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap orang. Rasa kantuk saat sahur dapat mengurangi nafsu makan, hal ini perlu diatasi.


Gangguan saat puasa



Mengganti menu makan sahur dengan hanya vitamin tidak disarankan karena vitamin tidak akan dapat mengganti semua kebutuhan dari makanan yang diperlukan. Pilihan yang tepat dengan mengatur menu makanan seimbang dimana karbohidrat bisa diperoleh dari makanan-makanan seperti nasi, kentang, jagung atau makanan-makanan pokok lainnya, protein dari daging, susu, ikan, tahu, tempe dan sumber vitamin dan mineral dari sayuran dan buah-buahan. Makan berlebihan di saat sahur dapat menyebabkan melonjaknya kadar gula dalam darah serta merangsang produksi hormon insulin berlebihan yang akan mengangkut gula darah ke seluruh jaringan untuk diubah menjadi glikogen atau lemak. Glikogen dan lemak yang berlebihan akan sulit diubah menjadi gula darah kembali sehingga orang akan semakin cepat lesu.

Saat berbuka puasa, sebaiknya segera isi perut dengan makanan-makanan ringan berkadar gula cukup tinggi agar lebih mudah diubah menjadi energi. Untuk hal ini, kurma atau buah-buahan segar lainnya bisa menjadi pilihan. Mengapa tidak langsung memakan menu utama seperti nasi dan lauk? Makanan tersebut selain lebih sulit diubah menjadi energi, sebaiknya perut dibiarkan beristirahat sekitar paling tidak 1 jam setelah makan yang manis-manis tadi agar kadar gula dan cairan tubuh bisa kembali pada posisi normalnya, dan lambung juga bisa menampung makanan yang kapasitasnya meningkat secara perlahan-lahan. Penguapan dan pengeluaran cairan tubuh saat beraktifitas di siang hari selama berpuasa harus benar-benar dijaga untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Caranya dengan memastikan asupan air putih yang cukup, mengonsumsi minuman yang terlalu manis berlebihan dapat mengganggu keseimbangan cairan di dalam tubuh sehingga membuat lebih cepat haus.

Berbagai gangguan penyakit yang biasa terjadi ketika menjalani puasa


1. Sembelit (konstipasi)

Sembelit adalah suatu keadaan susah buang air besar, sering dialami saat berpuasa. Kondisi ini normal saat seseorang berpuasa, karena kekurangan cairan dan makanan berserat. Lebih buruk lagi, sembelit bisa menyebabkan ambein (haemorroids), rasa nyeri disaluran anal dan gangguan pencernaan yang membuat perut terasa kembung. Solusinya, saat berbuka dan sahur perbanyak memakan makanan tinggi serat (misal: dari biji-bijian dan buah-buahan), banyak minum air putih.

2. Gangguan pencernaan 

Hal ini disebabkan makan berlebihan, terlalu banyak mengkonsumi makanan yang digoreng dan berlemak, makanan pedas, dan makanan yang memicu produksi gas, seperti telur, kubis, minuman berkarbornasi. Untuk menghindari hal tersebut jangan makan terlalu berlebihan saat berbuka puasa, kurangi minuman mengandung soda, akan lebih baik jika banyak mengkonsumsi jus buah dan air mineral. 

3. Tekanan darah rendah 

Biasanya gangguan ini lebih sering terjadi disiang hari karena sedikitnya jumlah konsumsi cairan dan kurangnya konsumsi garam. Untuk mencegahnya cobalah mulai meningkatkan konsumsi cairan dan garam dengan jumlah melebihi yang biasa Anda konsumsi. Gejala yang umum terjadi keringat yang berlebihan, rasa lemas, letih, lesu, tak ada energi, pusing terutama saat bangun dari posisi duduk, pucat, dan merasa ingin pingsan.

4. Sakit kepala 

Beberapa orang sering mengalami sakit kepala saat puasa karena mereka harus menghilangkan kebiasaan yang biasa dilakukan di siang hari, seperti merokok, minum kopi atau rutinitas kerjaan yang menuntut banyak tenaga, dan menahan rasa kantuk. Untuk mencegah sakit kepala cobalah berhenti merokok dan minum kopi selama puasa.


5. Gula Darah Rendah 

Pada penderita gula darah rendah gejala-geljala yang sering dijumpai seperti lesu, pening, mudah lelah, konsentrasi buruk, mudah berkeringat, merasa goncang (tremor), tidak dapat melakukan aktivitas fisik, dan sakit kepala. Penyebabnya terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat pada saat sahur. Untuk mencegahnya kurangi makan makanan yang manis-manis pada saat sahur.

6. Kejang Otot (kram otot) 

Makanlah makanan kaya mineral misalnya produk susu, daging, buah-buahan dan sayur mayur. Karena kurang konsumsi kalsium, magnesium dan kalium dapat menyebabkan kram otot.


7. Bisul Perut dan Radang Perut 

Saat berpuasa asam lambung pada perut kosong akan naik, hal ini semakin memperburuk kondisi tersebut, perut bagian atas (ulu hati) terasa terbakar dan menyebabkan rasa tak enak diperut. Untuk mencegah kondisi semakin buruk. Hindari makanan pedas, kopi dan minuman bersoda.

8. Batu Ginjal 

Batu ginjal terjadi disebabkan kurang minum, karena itu untuk penderita bantu ginjal, perbanyak minum saat berbuka dan sahur untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

Puasa dapat membuat perut bebas dari racun. Kekosongan usus perut bisa mengurangi peluang terjadinya kontak antara senyawa beracun dengan usus, sehingga bisa mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit, terutama kanker kolon yang timbul karena terjadinya kontak secara terus-menerus antara senyawa karsinogenik (penyebab kanker) dengan dinding kolon. Saat kita berpuasa, terjadilah proses pengeluaran zat-zat beracun dalam tubuh (detoksifikasi) yang bersifat total dan menyeluruh, pembersihan tak hanya menyangkut kepentingan fisik, tetapi juga mencakup pembersihan dan peningkatan energi. Selain memiliki sisi positif bagi kesehatan tubuh, puasa juga membantu mengendalikan stres.

3 komentar untuk "Berbagai Macam Gangguan Penyakit Saat Berpuasa"

  1. Bisa juga dehidrasi tuh, kekurangan minum juga biasanya.. sering banget gitu, badan jadi lemes dan gak bertenaga

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaaf gan, btw Mampir jg gan di blog ane Download ebook gratis, di www.ngebook.com

    BalasHapus