Tips Berpuasa Bagi Penderita Penyakit Maag


Tips berpuasa bagi penderita penyakit Maag - Puasa merupakan ibadah yang dilakukan umat muslim di seluruh dunia pada saat bulan ramadhan. Namun berpuasa bisa menjadi tidak nyaman bagi penderita penyakit maag.

Seharian berpuasa dapat meningkatkan produksi asam lambung yang menjadi penyebab maag, sehingga diperlukan obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit, untuk maag kronis atau disebut tukak dibutuhkan penanganan yang lebih serius. 

Cara puasa penderita maag

Benarkah penderita maag tidak boleh berpuasa? Mungkin orang yang belum banyak yang menyadari, selain bermakna ibadah, puasa juga memiliki manfaat yang nyata terhadap kesehatan. Termasuk memberikan manfaat positif bagi mereka yang mengalami gangguan maag.

Agar dapat menjalankan puasa dengan baik, hal yang harus dilakukan atau dihindari bagi penderita maag selama puasa: 

  • Dianjurkan untuk makan makanan yang manis sebagai sumber energi terutama waktu berbuka, karena selama puasa kadar gula menjadi turun. 
  • Hindari makanan/minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, susu, dan minuman bersoda. Untuk makanan hindari makanan berlemak, sayuran seperti sawi dan kol, nangka, kedondong atau buah yang dikeringkan. 
  • Jangan makan makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain cokelat, makanan yang tinggi lemak dan gorengan. Beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mi, bihun, dan jagung pun sebaiknya dihindari. 
  • Meski puasa olahraga atau latihan fisik harus tetap dijalankan, tapi harus sesuai dengan kondisi tubuh. Olahraga yang teratur selain membuat tubuh menjadi bugar, stres yang menjadi pemicu sakit mag pun bisa hilang. 
  • Jangan langsung tidur setelah sahur agar asam lambung tidak langsung naik ke kerongkongan. Makanan dalam lambung akan lancar turun ke dalam organ pencernaan lain kalau tubuh berada dalam posisi tegak, tapi dalam posisi tidur makanan akan sulit turun dan dikhawatirkan asam lambung yang naik akan menyebabkan iritasi pada pasien.

Itulah beberapa tips melaksanakan ibadah puasa bagi penderita penyakit mag. 

1 komentar untuk "Tips Berpuasa Bagi Penderita Penyakit Maag"

  1. katanya kalo penderita maag puasa malah jadi sembuh..

    terus pas buka jgn kebanyakan makan gorengan yaa biar asam lambung nya ga naik..

    BalasHapus