Tips Mencegah Sinusitis


Tips Mencegah Sinusitis - Seorang penderita Sinusitis sering mengeluhkan rasa sakit kepala yang tidak kunjung sembuh meskipun sudah minum obat sakit kepala. Jika Anda mengalami hal yang sama, kemungkinan Anda mederita Sinusitis, yaitu peradangan yang terjadi di daerah sinus. 

Tips mencegah sinusitis


Banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara mencegah dan mengatasinya? Sebagai informasi, Sinus merupakan rongga kosong dalam tulang tengkorak kepala (pada daerah sekitar hidung) yang berisi udara. Terdapat beberapa sinus yang ada pada tengkorak kepala yaitu: 
  1. Sinus maksilaris (di daerah tulang pipi) 
  2. Sinus frontalis (di daerah dekat alis mata) 
  3. Sinus etmoidalis (di daerah antara dua mata) 
  4. Sinus sfenoidalis (di belakang sinus etmoidalis). 

Sinus berfungsi untuk resonansi udara dan membuat berat tengkorak lebih ringan, karena tidak sepenuhnya tengkorak di isi tulang padat. Peradangan pada sinus seringkali disebabkan oleh infeksi, baik infeksi virus maupun bakteri dan aergi. Cairan pada sinus yang tidak dapat dialirkan dengan baik mengakibatkan bakteri dan virus dapat tumbuh dan berkembang dalam sinus.

Berbagai gejala dan tanda klinis penyakit Sinusitis yang harus diwaspadai seperti: 

a. Panas tinggi (lebih dari 39 derajat Celcius) 
b. Sakit kepala (khususnya saat bangun tidur 
c. Pembengkakan di sekitar mata 
d. Rasa nyeri tumpul di sekitar mata 
e. Pilek dengan batuk sepanjang hari yang tidak sembuh-sembuh 
f. Batuk kering yang tidak sembuh-sembuh 
g. Rasa nyeri di bawah tulang pipi 
h. Nyeri di gigi atas 
i. Nafas berbau tidak sedap 

Untuk pengobatan sinusitis harus dikenali penyebabnya. Sinusitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri memerlukan terapi antibiotika, untuk sinusitis yang disebabkan oleh faktor alergi, diberikan obat golongan anti alergi. 

Untuk meringankan rasa sakit dan panas tubuh, obat-obat golongan analgetik antipiretik seperti pasatemol, ibuprofen maupun metamizole seringkali diberikan oleh dokter. Dalam mengkonsumsi obat, tentu saja kita harus tetap berhati-hati dengan kemungkinan terjadinya alergi obat. Bila terjadi alergi, segera kembali ke dokter Anda untuk memperoleh penanganan yang tepat. Jangan menghentikan pemakaian obat secara sembarangan, walaupun mungkin Anda merasa sudah lebih baik. 

Bagaimana cara mencegah terjadi alergi? Yang paling mudah, jangan sampai terkena infeksi saluran nafas. Rajin-rajin cuci tangan karena tindakan sederhana ini terbukti efektif dalam mengurangi risiko tertular penyakit saluran pernafasan. Selain itu, sedapat mungkin menghindari kontak erat dengan mereka yang sedang terkena batuk pilek. Bila anda memakai AC, sering-seringlah membersihkan penyaringnya agar debu, jamur dan berbagai substansi yang mungkin dapat mencetuskan alergi dapat dikurangi (walau tak mungkin dihilangkan seluruhnya). 

Demikian juga dengan karpet dan sofa. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan cukup istirahat dan konsumsi makanan dan minuman yang memiliki nilai nutrisi baik. Selain itu, jangan lupa untuk minum air dalam jumlah yang cukup. Kegiatan minum ini seringkali dilupakan orang padahal air yang sehat merupakan salah satu sumber utama kesehatan tubuh kita. Berolahraga yang teratur, khususnya setelah waktu subuh di mana udara pagi saat itu masih jernih dan bersih. Perbanyak menghirup udara bersih, dengan cara menghirup dan mengeluarkannya perlahan-lahan. Hal ini sangat bermanfaat selain untuk menguatkan paruparu juga untuk mengisi daerah sinus dengan oksigen. Sehingga daerah-daerah sinus menjadi lebih bersih dan kebal terhadap berbagai infeksi dan bakteri. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah segera kunjungi dokter bila terdapat gejala-gejala yang mungkin merupakan gejala sinusitis. Diagnosa dan pengobatan secara dini dan tepat akan mempercepat kesembuhan penyakit yang diderita. (Artikel disadur dari eramuslim)

0 Response to "Tips Mencegah Sinusitis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel