Press "Enter" to skip to content

Pengaruh Sistem Pencahayaan Bagi Kesehatan Mata

Admin 0

Pengaruh sistem pencahayaan bagi kesehatan mata – Pakarmedis.com

Sumber pencahayaan kegiatan kita didalam kegiatan sehari-hari bersumber dari cahaya matahari dan pencahayaan buatan. Cahaya Matahari tergolong cahaya alami. Cahaya buatan adalah cahaya yang berasal dari hasil karya manusia berwujud lampu yang mampu menyinari ruangan sebagai pengganti kalau cahaya matahari tidak ada. Cahaya buatan yang tidak baik sudah pasti bakal mengganggu kegiatan keseharian kita, ditempat kita bekerja. Tetapi, Dengan cahaya buatan yang baik dan bebas dari kesilauan mampu mempertinggi kegiatan kita didalam bekerja kalau dibandingkan beraktivitas pada cahaya siang alamiah. 

Pengaruh sistem pencahayaan bagi mata

Perkembangan sinar buatan di awali dari sinar obor, lampu minyak tanah, lilin, lampu gas hingga yang sekarang kita pakai lampu listrik. Setelah listrik ditemukan, barangkali lampu-lampu model lain ada yang telah tidak digunakan lagi.

Efek pencahayaan ini dapat terjadi melalui tiga cara, yaitu; 

  • direct (langsung), dimana sinar yang diterima lamgsung dari sumbernya, contohnya lampu meja untuk membaca; 
  • indirect (tak langsung), dimana bila sinar yang diterima merupakan hasil pantulan dinding dan loteng, seperti halnya di area tamu; 
  • semidirect (genural diffusing), bila sinar itu muncul dan dipancarkan kesegala penjuru, seperti halnya di kantor-kantor. 

Beberapa syarat yang harus dipenuhi agar pencahayaan tidak menimbulkan gangguan kesehatan mata, yaitu; 

  • Pertama, pencahayaan buatan tidak boleh menimbulkan kenaikan suhu udara yang berlebihan. Jika hal ini terjadi, segera turunkan suhu udara tersebut, misalnya dengan mengubah pengaturan ventilasi, AC, dan kipas angin.
  • Kedua, sumber haruslah bisa memberikan pencahayaan dengan intensitas yang tetap, menyebar, merata, tidak berkedip-kedip, tidak menyilaukan, dan tidak menimbulkan bayangan yang mengganggu.
  • Ketiga, pencahayaan haruslah cukup intensitasnya, sesuai dengan beban aktivitas  yang dilakukan oleh seseorang yang sedang melakukan suatu pekerjaan.

Cahaya memiliki sifat dapat membunuh kuman atau bakteri. Bahkan, sinar matahari kerap dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit rachitis. Tetapi sebaliknya berlebihan kena sinar matahari dapat pula menyebabkan penyakit kanker pada kulit.  

Dengan demikian, gunakanlah pencahayaan atau penerangan sesuai kapasitas dan yang dibutuhkan mata kita. Sebab, sinar berlebihan dapat membuat kerusakan dan kelelahan pada mata kita. Bahkan, kalau berlebihan cahaya pun dapat membuat kebutaan. 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: