Tips Mengatasi Gigi Ngilu Dan Sensitif

Tips mengatasi gigi ngilu dan sensitif-
Apakah Anda pernah merasakan gigi ngilu? Jika ya, gigi yang ngilu merupakan salah satu pertanda gigi anda ada yang sensitif. 

Dalam istilah medis, gigi ngilu disebut hipersensitif dentin. Gigi yang ngilu dapat terjadi pada satu gigi atau lebih. Penyebab terjadinya gigi sensitif yaitu dentin yang terbuka sehingga makanan dan minuman yang bersentuhan dengan gigi akan mengganggu saraf gigi.


Gigi ngilu dan sensitif

Makanan dan minuman penyebab gigi sensitif

Beberapa makanan yang memicu terjadinya gigi sensitif adalah makanan atau minuman dingin, makanan panas dan juga makanan yang bersifat asam dan manis. Kebanyakan penyebabnya adalah makanan atau minuman yang dingin atau makanan asam. Pada lapisan dentin yang terletak pada lapisan bawah email gigi, penyebabnya dapat dipemgaruhi oleh hal-hal seperti atrisi, erosi,  abrasi dan juga pola makan, dan juga penggunaan gigi yang buruk, serta kebiasaan menggesekkan gigi (bruxism).

Tips mengatasi gigi sensitif dan ngilu

Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi gigi yang ngilu dan sensitif, berikut ulasannya:

1. Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Kandungan dalam pasta gigi sensitif dapat menghilangkan rasa ngilu pada gigi lebih cepat.

2. Hindari makanan dan minuman yang mengandung soda  dan yang bersifat asam.

3. Hindari kebiasaan makan dan minum yang dapat menyebabkan gigi ngilu dan ditahan lama didalam mulut.

4. Pakailah sikat gigi yang mempunyai ujung kepala kecil dan membulat. Lakukan menyikat gigi dari arah gusi ke gigi dengan intensitas dan tekanan yang ringan.

5. Jangan lakukan kebiasaan buruk menggesekkan gigi atas dan juga gigi bawah (bruxism). Hal ini dapat membuat gigi bertambah parah. Jika Anda tidak dapat mengontrol bruxism, mintalah pada dokter gigi supaya dibuatkan "night guard" untuk melindungi gesekan gigi atas dan gigi bawah Anda.

6. Jangan langsung menyikat gigi setelah makan makanan yang bersifat asam atau mengandung soda. Sikatlah gigi Anda minimal dengan interval 1 jam setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Jika kondisi gigi sensitif Anda tak kunjung membaik, segeralah konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis gigi. 


Sekarang Anda sudah memahami bagaimana tips mengatasi gigi ngilu dan sensitif.

3 komentar untuk "Tips Mengatasi Gigi Ngilu Dan Sensitif"