Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja di Depan Monitor

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja di Depan Monitor - Pakarmedis.com
Menjaga kesehatan mata saat kerja di depan komputer dan beragam perlengkapannya, seperti monitor, telah menjadi hal biasa didalam setiap pekerjaan kantor.  Bukan hal baru jikalau banyak orang bekerja di depan monitor sepanjang hari. Pada awalnya kita mungkin sedikit cemas mengenai efek pc dan sinar radiasi yang dipancarkan monitor dapat mengganggu kesehatan tubuh, terlebih mata.

Bekerja di depan komputer

Para pakar pun tidak pernah menyerah untuk menciptakan peralatan yang semakin ramah terhadap lingkungan dan kesehatan. Meski begitu, bekerja terlampau lama di depan layar monitor dapat mempengaruhi kesehatan, seperti mata lelah, nyeri punggung, bahu dan leher.

Berikut beberapa tips mengatasi mata lelah saat bekerja

1. Bekerjalah dalam ruangan dengan cahaya yang memadai
Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja anda. Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Gunakan horden untuk mengatur sinar berasal dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala dan hindari menatap cahayanya secara langsung. Sebaliknya, jangan pula bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup.

2. Periksa layar monitor anda
Periksa apakah monitor anda masih bekerja dengan baik? Dengan cara membandingkan dengan monitor lain. Bila gambar yang nampak tambah buram, berkedip-kedip atau tidak nyaman bagi mata anda, maka telah waktunya untuk melakukan perbaikan atau mengganti monitor anda. Rutinlah membersihkan monitor dari debu dan kotoran.

3. Gunakan filter monitor
Untuk mengurangi cahaya yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Tanyalah penyedia perlengkapan pc anda untuk memperoleh filter yang baik dan bisa mengurangi dampak radiasi, bukan cuma meredupkan cahaya monitor. 

4. Perhatikan posisi monitor.
Letakkan layar monitor sedemikian rupa supaya membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar pandangan lurus anda. Hal ini agar tidak melelahkan mata anda, manfaat lainnya menjaga supaya bahu dan leher anda  bisa nyaman  dalam bekerja. 

5. Letakkan kertas kerja supaya gampang dibaca.
Jika kamu harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka tempatkan kertas kerja pada jarak yang sejajar dengan monitor anda. Tujuannya agar anda tidak mesti bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja anda, setelah membaca di layar monitor.

6. Bekerjalah dengan huruf yang cukup besar.
Bila anda butuh mengedit postingan di depan komputer, pastikan ukuran font atau huruf yang anda gunakan cukup besar. Jangan paksa mata anda untuk membaca huruf yang kecil di monitor. Gunakan tool untuk menambah besar atau menyesuaikan besar tampilan gambar di monitor anda. Bila anda telah selesai mengedit atau membacanya, anda dapat kembalikan font berikut ke posisi semula. 

7. Periksa kacamata atau anda
Bila anda memakai kacamata atau lensa kontak dan anda harus bekerja seharian di depan monitor, ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter mata atau optik agar anda dapat memiliki kacamata yang sesuai. Jika anda merasa lelah memakai kacamata, tanggalkan saja. Kacamata dapat sebabkan mata lelah. Sesekali biarkan mata anda melihat bebas. Namun, langsung memakai kacamata anda sekiranya merasa harus mengenakannya. Jangan paksa mata anda melihat tanpa bantuan kacamata anda. 

7. Istirahatkan mata anda.
Pejamkan atau kedip-kedipkan mata anda sehingga  terasa lebih rileks. Hindari mengucek-kucek mata anda. Namun, sering-seringlah berkedip. Ini bisa turunkan ketegangan dan menjaga mata anda selalu basah dan sejuk. Bila kamu terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan kamu ke arah yang jauh. Lakukan ini selama sebagian menit tiap-tiap 30 menit. 

2 Responses to "Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja di Depan Monitor"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel