Efek Kerja Malam Bagi Kesehatan

Pakarmedis.com - Efek Kerja Malam Bagi Kesehatan.
Bekerja dengan sistem shift tentu akan mempengaruhi aktifitas anda dikehidupan sehari-hari. Seharusnya waktu untuk istirahat atau tidur tubuh malah bekerja, sebaliknya waktunya untuk bekerja  malah beristirahat. Pada dasarnya tubuh manusa tidak siap untuk kerja malam dan  tubuh akan menganggapnya sebagai sedikit penghinaan.




Situasi kerja malam seperti ini dapat merugikan kesehatan karena tidak teraturnya waktu istirahat. Bukan hanya itu saja, bekerja malam hati juga mengakibatkan ganggguan tidur bahkan meningkatkan resiko terkena penyakit berbahaya. Masalahnya tubuh manusia tidak pernah benar-benar beradaptasi dengan kegiatan di luar siklus normal yaitu kerja siang hari, dan tidur di malam hari. Adapun dampak negatif bekerja malam hari sebagai berikut.

1.Gangguan Tidur

Para pekerja shift malam biasanya tidur untuk jangka waktu yang lebih pendek daripada yang disarankan delapan sampai sembilan jam, jadi lama waktu tidur yang lebih pendek serta kualitas tidur mereka juga buruk. Selain itu kebiasaan tidur para pekerja shift tentu saja berubah-ubah.

2.Berat Badan Meningkat

Bekerja di malam hari akan membuat si pekerja memiliki hasrat untuk makan malam atau cuma sekedar ngemil makanan ringan. Itu disebabkan karena makan dimalam hari dapat menyebabkan penimbunan lemak didalam tubuh.


3.Depresi

Selain dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik, bekerja di malam hari juga dapat berpengaruh bagi kesehatan mental. Biasanya  para pekerja malam lebih sulit untuk dapat konsentrasi.


4.Malas Olahraga

Sebagian para pekerja malam tidak sempat untuk melakukan kegiatan olahraga, karena waktu pagi dan siang mereka digunakan untuk istirahat. Selain karena tidak ada waktu, rasa lelah saat bekerja dimalam hari membuat jado malas berolahraga.


5.Resiko Terkena Penyakit

Disebabkan perpaduan beberapa efek buruk diatas yang dilakukan berulang-ulang, membuat resiko terkena penyakit semakin besar. Mulai dari penyakit ringan sampai penyakit berat, untul itu para pekerja malam harus menerapkan pola hidup sehat.

Adapun penyakit yang perlu di waspadai akibat bekerja malam sebagai berikut.
-Gangguan fungsi otak
-Kanker
-Perubahan metabolisme
-Penyakit  Jantung
-Depresi
-Obesitas
-Diabetes

3 komentar untuk "Efek Kerja Malam Bagi Kesehatan"